Skip to main content

KOLABORASI…Dinas Pariwisata Prov. Kaltim – DPRD Prov. Kaltim Perkuat SDM EKRAF, pada Sub Sektor Film dan Videography Workshoop untuk IKN

By 19 Mei 2023Mei 20th, 2023Berita

Bicara Ekonomi Kreatif di Kalimantan Timur, ada 4 sub sektor unggulan dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif salah satunya sub sektor film, video dan animasi yang merupakan kegiatan unggulan selain kuliner, wastra kriya dan pertunjukan.
Melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Dinas Pariwisata serta DPRD Provinsi Kalimantan Timur menghelat Workshop Peningkatan SDM Ekonomi Kreatif pada sub sektor Film dan Video.  Workshop perfilman bertajuk “Film Kaltim untuk IKN” guna mendorong dan mendukung sineas lokal agar terus berkarya secara profesional.
Anggota Komisi III DPRD Prov. Kaltim Bidang Pembangunan, Ir. H. Bagus Susetyo, MM, saat membuka acara workshop, selasa 16 Mei 2023 di Belayan Room Gran Senyour Hotel Balikpapan menjelaskan bahwa “workshop perfilman ini merupakan salah satu dukungan dari Legislatif dalam menyelaraskan program pembangunan SDM di bidang Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2023. Kehadiran workshop ini juga menjadi ruang untuk memfasilitasi dan memperluas jaringan para filmmaker guna  mendukung komunitas film lokal, dan melahirkan generasi baru yang akan menjadi motor penggerak bagi industri perfilman, ujarnya” di BUMI Etam Kalimantan Timur.
Kegiatan Workshop ini dihelat selama 2 hari pada Rabu s/d Kamis, 17 – 18 Mei 2023 di Gran Senyiur hotel Balikpapan, yang diikuti peserta sebanyak 20 (dua puluh) orang yang terdiri dari komunitas film balikpapan, samarinda dan tenggarong. Pemateri workshop diisi oleh penggiat sineas film dari Balikpapan dan Samarinda.
Dalam sambutan Kadispar Prov. Kaltim yang diwakili oleh Sekretaris Disporapar Kota Balikpapan menyampaikan, kami pemerintah melalui dinas pariwisata akan terus berupaya untuk memfasilitasi bagi para pelaku industri kreatif dalam berkreasi dan mengembangkan bakatnya, sehingga kami yakin dengan adanya kompetensi SDM produktif dan berdaya saing akan siap mengangkat perekonomian khususnya di bidang industri kreatif. “Kami harap tujuan ini dapat tercapai bukan hanya di satu sektor saja, tetapi disemua sektor yang akan terus dikembangkan guna peningkatan perekonomian dimasyarakat dan bukan hanya itu saja, saya juga menghimbau marilah kita semua bersiap diri untuk menyongsong kaltim sebagai ibukota nusantara (IKN), tutup Abdul Majid, SE”

M. Zaenal Arifin

Author M. Zaenal Arifin

More posts by M. Zaenal Arifin

Tinggalkan Komentar