Skip to main content

Temindung Creative Hub Kalimantan Timur Ruang Kreasi Baru Untuk Pelaku Ekraf

(Samarinda, 9/3/24)
Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur di tahun 2024 mempunyai ruang kreasi baru “Temindung Creative Hub Kalimantan Timur”, berikutnya disebut TCH KT. Bangunan eks.Bandara Temindung Samarinda direhab tidak mengubah wajah bangunan yang sudah ada. Akan tetapi.Bagian dalam bangunan menyesuaikan kebutuhan untuk para pelaku ekonomi kreatif. Ada ruang pertemuan, ruang pertunjukan, studio musik, studio audio visual dan lain sebagainya.

TCH KT sebagaimana amanat Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah Kalimantan Timur 2021-2025 dan Peraturan Gubernur Tentang Roadmap Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah Kalimantan Timur N0.42-2021 telah membunyikan keberadaan ruang kreasi yang dinamakan creative hub sebagai wadah berproses, bekerja dan berkarya.

Harapannya, semua pelaku ekraf dari 17 sebsektor dapat memamfaatkan ruang dimaksud. Hal ini adalah tujuan fasilitasi sesungguhnya yang diberikan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur.
Berbagai proses kreatif akan berlangsung, baik diluar dan didalam gedung.
Manajemen untuk mengatur siklus berkegiatan akan diatur oleh Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata yang bekerjasama dengan Komite Ekonomi Kreatif dan Tim Kurator.

Disampaikan juga pada tanggal 23 November 2023 telah dilakukan Focus Group Discussion di Universitas Mulawarman Samarinda diketuai DR.Erwiantoto, bahwa kontribusi ekonomi kreatif pada PDRB sebesar 5,61%. Tentunya, hal ini menambah semangat bagi pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan produk karya-karyanya.

Ditambah lagi, permintaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pemerintah provinsi membangun UPT.Ekonomi Kreatif yang kesemua pembiayaannya ditanggung pihak kementerian.

Selanjutnya, tanggal 1Juni 2024 akan dilaksanakan kegiatan perdana sekaligus peresmian gedung Temindung Creative Hub Kalimantan Timur. Nantinya hadir Pj.Gubernur Kalimantan Timur, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Ketua DPRD Kalimantan Timur, Mitra Ekonomi Kreatif dan pelaku semua subsektor ekonomi kreatif di Kalimantan Timur.

M. Zaenal Arifin

Author M. Zaenal Arifin

More posts by M. Zaenal Arifin

Tinggalkan Komentar