Skip to main content

PELATIHAN DAN UJI SERTIFIKASI PARIWISATA BIDANG MICE : MENINGKATKAN STANDAR DAN PROFESIONALISME INDUSTRI

By 27 April 2024News

Dalam upaya meningkatkan kualitas industri pariwisata, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dalam bidang MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Kolaborasi ini berlangsung atas kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality, dan berlangsung dari tanggal 22 – 24 April 2024 bertempat di Swissbel Hotel Samarinda, 25 – 27 April 2024 bertempat di Astara Hotel Balikpapan.

Dengan tujuan meningkatkan standar profesionalisme dalam industri pariwisata, pelatihan dan uji sertifikasi menawarkan skema pelatihan yang mencakup tiga aspek penting dalam industri MICE, yaitu Perencanaan Kegiatan, Pelaksanaan Pemasaran dan Promosi, serta Peran sebagai Liaison Officer.

Menurut Ibu Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, pelatihan dan uji sertifikasi MICE menjadi instrument penting dalam pemenuhan standar kompetensi yang telah di tetapkan. “Pelatihan dan Uji Sertifikasi MICE ini penting karna sebagai ajang para professional memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi. Jika para professional ini memiliki landasan yang kuat, maka sudah pasti dapat memberikan pelayanan prima kepada client dan peserta acara.” Ujarnya.

Sementara itu, Direktur LSP Rajawali Hospitality, yang diwakili oleh Bapak Asep Heryadi Susanto, menyatakan kebanggaannya atas terlaksananya acara ini. “Kami berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualifikasi tenaga kerja di sektor pariwisata, dan kolaborasi ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan hal tersebut,” Sebut Asep dalam sambutannya.

Pelatihan dan uji kompetensi bidang MICE ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi peserta, tetapi juga diharapkan dapat berdampak positif pada pengembangan industri pariwisata Kalimantan Timur secara keseluruhan. Terlebih pada tahun ini Kalimantan Timur juga berkesempatan untuk menjadi tuan runah beberapa event panting nasional. Ke depan, dengan adanya investasi dalam peningkatan kualifikasi tenaga kerja, diharapkan Kalimantan Timur dapat menjadi destinasi MICE yang lebih menarik dan kompetitif di tingkat regional maupun internasional.

M. Zaenal Arifin

Author M. Zaenal Arifin

More posts by M. Zaenal Arifin

Tinggalkan Komentar