- 1.Latar belakang
Ekonomi kreatif saat ini menjadi hal menarik dan banyak diminati. Bahkan, menjadi ‘bisnis’ yang trending. Kebutuhan ekraf sudah menjadi ‘life styles’ dimasyarakat. Lihat saja, banyak produk lokal yang di create menjadi ‘perhiasan tubuh”. Kalung, tas, pakaian, sepatu dan jam tangan. Belum lagi, hiasan/pernak pernik untuk dirumah, kantor, hotel dan resto. Artinya, kreativitas berkarya dalam memproduksi tetap memperhatikan ‘gaya pasar’.
Perekomian kerakyatan berjalan, inovasi pelaku mengalir. Maka. Pemajuan ekonomi kreatif Kaltim berdaya dan masyarakatpun sejahtera. - Tema:
‘Ekraf Kaltim, Menuju Industri Pasar Internasional Untuk Kaltim Betdaulat” - Tujuan
-Menguatkan jejaring sesama pelaku ekraf
-Memajukan SDM ekraf Kaltim lebih berdaya saing
-Memperluas promosi dan pemasaran ekraf Kaltim
-Pendataan pelaku ekraf Kaltim - Peserta
-15 Komunitas unggulan ekraf Kab/Kota se Kaltim dari subsektor fashion, kuliner, kriya, seni pertunjukan, desain dan seni rupa
-Duta dari Provinsi Jambi, Sumsel dan Kaltara
-46 UMKM Samarinda
-11 otomotif show
Pekan Kreatif Kaltim 2022 didukung dari para mitra, diantaranya; Dispora Kaltim, Kominfo Kaltim, Komunitas ekraf dan media.
Jumlah peserta dan pengunjung selama 5 hari pekan kreatif 2022 diperkirakan 10 ribu orang dan diakhir acara akan dihitung peredaran uang selama kegiatan ini.
Daftar 15 Booth Dispar Kaltim Untuk Komunitas / Pelaku Ekraf
- KOMITE EKRAF KALTIM
- KARYA DOYO TANJUNG ISUY
- RUMAH BUDAYA KUTAI
- BATIK BERAS BASAH BONTANG
- REZADYA BATIK
- Desain Produk Kayu dan Serat, POLNES
- PEREMPUAN GE KRAF
- BANK INDONESIA
- Craft Indonesia Borneo
- Perkumpulan Pengusaha Pangan dan Kuliner Nusantara
- Kerajinan Desa Budaya Pampang
- Dapoer Ikan Diana
- Cadio Art Studio Balikpapan
- Dekranasda Kaltim
- East Borneo Coffe Associations