Skip to main content

Pesta Adat dan Budaya Lom Plai 2023 Sangat Meriah dihadiri Oleh KEMENPAREKRAF

By 3 Mei 2023Berita

 

Meriahnya Puncak Pesta Adat dan Budaya Lom Plai 2023, Kutai Timur –

Kegiatan Pesta Adat  Lom Plai  ini di gelar di Desa Nehas Liah Bing, Kec.Muara Wahau, Kab.Kutai Timur berlangsung semarak Selasa (2/5).

adalah perhelatan adat dan budaya yang diselenggarakan secara turun temurun oleh masyarakat dan menjadi agenda tahunan di Kutai Timur.
Pesta Adat dan Budaya Lom Plai sudah masuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) oleh Kemenparekraf.

Disampaikan oleh Bupati Kutai Timur Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M. Si bahwa “Pesta Adat dan Budaya Lom Plai ini diharapkan memberikan dampak positif untuk masyarakat Kutai Timur”

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Drs.Ahmad Herwansyah,M.Si menyampaikan bahwa
“Kepedulian semua pihak pada Pesta Adat dan Budaya Lom Plai harus terus ditingkatkan, kalangan pemerintah dan swasta semakin sinerjik dan kolaboratif demi suksesnya dan semakin dikenalnya adat, budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif di Desa Nehas Liah Bing”.

Adapun rangkaian kegiatan puncak acara pesta adat dan budaya Lom Plai hari ini diantaranya diisi dengan menyambut tamu dengan ritual khas suku Dayak, Embos Min (Pembersihan Kampung) dan Tambak 1, turun ke bawah pondok (jengea) di pinggir Sungai Wehea – Tarian di Atas
Rakit – Seksiang – Plaq Saey (lomba dayung perahu) acara kesenian seperti pementasan seni menceritakan sejarah Long Diang Yung – Enluei Hedoq – Tarian Hudoq, serta Tarian Balai Budaya

M. Zaenal Arifin

Author M. Zaenal Arifin

More posts by M. Zaenal Arifin

Tinggalkan Komentar